Backup android to pc

backup Android

Tentunya semua orang tidak ingin kehilangan HP atau pun mengalami kerusakan pada ponselnya. Oleh karena itu kamu perlu menyimpan data sebagai cadangan di PC. Sebelum masuk ke pembahasan, kamu mesti tahu alasan mengapa kamu harus mem-backup data Android.

Seseorang akan melakukan backup data Android sebagai langkah preventif jika sesuatu hal buruk terjadi pada HP Androidnya. Berbagai macam alasan untuk backup data seperti, ketika melakukan suatu perubahan terhadap sistem Android, memodifikasi, update ROM, flashing ROM, reset data Android.

Apabila kamu sudah ingin membackup android ke PC, kamu tidak perlu khawatir lagi. Sebab jika data pada Android hilang, datamu masih ada di PC dan data anda bisa di transfer pada ponsel android anda.

Cara Memindahkan data Android ke PC memang suatu hal yang cukup mudah dilakukan. Terutama jika handphone kamu masih bawaan pabrik (tanpa root). Cukup colok kabel data USB dari HP ke PC. Kemudian kamu bisa copy data HP ke PC. Sampai di sini data kamu sudah aman. Namun, pengirim data tersebut hanya beruba data eksternal Android saja, seperti foto, file doc, video, dan file download.

Dan apabila Data Android yang berhubungan dengan sistem, misal aplikasi yang ter-install, SMS, kontak, log telepon, dan ROM Android. Ini tidak bisa hanya dilakukan dengan copy pasteperlu cara tertentu. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mem-backup data Android ke PC seperti berikut

Adapun cara Menggunakan aplikasi merupakan salah satu cara mem-backup data yang paling efektif. Dengan menggunakan aplikasi PC, seperti Wondershare Mobile Trans, sangat cocok bagi kamu jika ingin backup data hanya dengan satu kali beres dengan melakukan cara.

  • Install terlebih dahulu aplikasi tersebut di PC/komputer kamu.
  • Bila ingin backup data, silakan klik menu “Back Up Your Phone”.
  • Kemudian hubungkan perangkat Android kamu ke PC dengan menggunakan kabel data.
  • Setelah tampilan di atas muncul, kamu bisa memilih beberapa opsi data yang akan dicadangkan. Contohnya ketika Anda ingin backup data kontak Android, maka kamu bisa beri checklist pada opsi “Contact”.
  • Jika sudah, klik tombol “Start Transfer” untuk memulai backup data Android ke PC.
  • Silakan tunggu proses backup tersebut sampai dengan selesai
  • Oke, proses backup sudah selesai dilakukan. Bila kamu ingin tahu letak berkas backup tersebut, kamu bisa klik “Open Folder”
  • Format file hasil backup berupa .bak. Dalam contoh kali ini saya menggunakan HP samsung, maka nama berkasnya menjadi “samsung 1904_20200414.bak”. Jika sudah selesai, silakan klik close “window explorer” dan klik tombol “OK” pada tampilan aplikasi.
  • Bila kamu ingin mengembalikan data dari PC ke Android, maka cukup dengan klik tombol “Restore From Backups” pada tampilan menu utama aplikasi

Cukup mudah bukan bagaimana cara membackup ponsel android ke pc.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *